Menziarahi Syekh Aminullah al Maghribi di Mangku Negeri Tanjung Pura

1171

Dalam kesempatan kunjungan ke Mangu Negeri Tanjungpura Darussalam kali kedua menjelang  akhir Juli 2017 ini, ahamdulillah sempat  berziarah ke makam Syekh Aminullah al-Maghribi, di komplek pemakaman para ulama dan Sultan serta kerabat mereka lainnya di komplek makam Raja Tanjungpura Ketapang Kalimantan Barat.

Syekh al Maghribi yang hidup pada abad ke-18 ini diperkirakan berasal dari Maroko, negeri yang mayoritasnya muslimnya bermadzhab Maliki. Perkiraan ini juga mengacu kepada penuturan beberapa warga di sana. Dulu ada ulama di Ketapang yang sholatnya tidak bersedekap sebagaimana tata cara sholat dalam madzhab Maliki (juga Syi’ah).

Perjalanan ke komplek makam ini menempuh waktu pulang-pergi 4 jam dengan motor yang dikemudikan oleh Abu Nazhim., salah satu fuqara di Ketapang. Beberapa rawa pun mesti dilewati dalam perjalanan ini.

Di zawiyya Keraton Mangku Negeri Tanjungpura Darussalam setiap pekan rutin diadakan majelis wirid Tariqah Qadriyah, Sadziliyah, Darqawiyah. Mursyidnya saat ini adalah Syakh Dr Abdalqadir as Sufi yang telah pula meneruskan kemursyidannya kepada Shaykh Sidimortada Elbamoshouli dari Kelat Megouna, Maroko.